Cara Mengatasi Lupa MPIN Mandiri Online

TutorBisnis.com – Bagaimana cara mengatasi lupa MPIN Mandiri Online?  Mandiri Online adalah sebuah layanan yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada nasabahnya untuk mempermudah kegiatan transaksi.

Fitur Mandiri Online dilengkapi dengan kode MPIN yang menjaga keamanan aplikasi mobile banking tersebut saat nasabah menggunakannya untuk bertransaksi. Kode tersebut bersifat rahasia dan disarankan untuk menggantinya secara berkala demi meningkatkan keamanan.

Penggantian MPIN dengan yang baru harus mengetahui MPIN yang digunakan sekarang ini. Jika lupa, maka tidak dapat mengganti MPIN karena dalam proses penggantiannya harus memasukkan MPIN yang lama.

Kendala terkait MPIN lainnya adalah ketika Mandiri Online terblokir karena salah memasukkan MPIN sebanyak 3 kali berturut-turutakibat lupa kode MPIN. Sehingga Mandiri Online tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi.

Satu-satunya cara adalah mengganti MPIN yang lama dengan yang baru di kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, yaitu kartu ATM Mandiri, buku tabungan, dan KTP. Kemudian lakukan langkah berikut ini:

  1. Datang kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan berupa buku tabungan, KTP, dan kartu ATM.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju Customer Service dan tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  3. Jika sudah dipanggil, datang ke petugas Customer Service lalu sampaikan kendala lupa MPIN Mandiri Online.
  4. Berikan persyaratan yang telah dibawa kepada petugas Customer Service untuk digunakan dalam proses konfirmasi data nasabah yang tersimpan di bank Mandiri.
  5. Jika data tersebut sudah sesuai, petugas Customer Service akan melakukan reset PIN Mandiri Online.
  6. Setelah mendapatkan MPIN yang baru, maka nasabah bisa menggunakan kembali Mandiri Online untuk bertransaksi.

Nasabah yang melakukan penggantian MPIN Mandiri Online tidak akan dikenakan biaya. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah siapkan dan bawalah semua persyaratan tadi supaya proses penggantian MPIN bisa berjalan lancar.

BACA JUGA: Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Cara Mengganti MPIN

Cara Mengganti MPIN

Jika hanya mengganti MPIN Mandiri Online, nasabah dapat melakukannya melalui aplikasi Mandiri Online. Berikut ini cara yang harus dilakukan untuk mengganti MPIN melalui Mandiri Online:

  1. Buka aplikasi Mandiri Online yang terpasang di smartphone. Lalu login dengan cara memasukkan User ID dan Klik Login.
  2. Kemudian masuk ke menu utama di sebelah kiri atas.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa menu pilihan, pilih Pengaturan.
  4. Pilih Ubah MPIN.
  5. Isilah data yang berkaitan dengan MPIN saat ini, MPIN baru, dan konfirmasi MPIN dengan cara memasukkan ulang MPIN baru. Lalu pilih Simpan Perubahan.
  6. Setelah selesai melakukan langkah tadi, akan ditampilkan notifikasi “MPIN berhasil diubah”, lalu pilih OK.

Fungsi MPIN Mandiri Online sangat penting karena kode MPIN harus dimasukkan ketika melakukan pembayaran. Tanpa kode tersebut, aplikasi Mandiri Online hanya dapat digunakan untuk melakukan pengecekan saldo dan mutasi rekening.

BACA JUGA: Cara Beli Token Listrik di Mandiri Online

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi lupa MPIN Mandiri Online. Semoga bermanfaat bagi pembaca khususnya nasabah Mandiri yang sedang menngalami kendala lupa kode MPIN Mandiri Online.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo