Cara Ganti Buku Tabungan BRI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara ganti buku tabungan BRI? Setiap orang yang membuka rekening di bank biasanya mendapatkan fasilitas berupa buku tabungan dari bank tersebut untuk mencetak riwayat transaksi yang dilakukan pada rekening tabungan tersebut.

Selain itu, buku tabungan juga berfungsi dalam urusan administrasi, seperti pengajuan pinjaman, pelaporan pajak, pengajuan kredit, rekonsiliasi rekening, dan sebagainya.

Ketika nasabah melakukan print out pada buku tabungan secara berkala, maka halaman buku tabungan akan cepat penuh dan habis. Nasabah harus mengganti buku tabungan tersebut dengan yang baru.

Nasabah bisa melakukan penggantian buku tabungan di kantor cabang bank membuka rekening tabungan tersebut, misalnya Bank BRI. Tetapi untuk mengganti buku tabungan, nasabah wajib memenuhi persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat Mengganti Buku Tabungan

Penggantian buku tabungan BRI dapat dilakukan jika nasabah BRI telah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Buku tabungan BRI yang sudah penuh atau ingin diganti.
  • Kartu identitas nasabah berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Kartu debit atau kartu ATM BRI.
  • Bagi nasabah yang kehilangan buku tabungan BRI, wajib menyediakan surat kehilangan dari kepolisian terdekat.

BACA JUGA: Bunga Deposito BRI

Biaya Penggantian

Penggantian buku tabungan BRI dikenakan biaya berdasarkan jenis tabungan. Biaya penggantian buku tabungan yang hilang dengan jenis tabungan BritAma sebesar Rp. 50.000, sedangkan tabungan Simpedes sebesar Rp. 25.000. Untuk buku tabungan yang sudah penuh, akan dikenakan biaya penggantian sebesar Rp. 25.000.

Cara Ganti Buku Tabungan BRI

Penggantian buku tabungan BRI bisa dilakukan di kantor cabang BRI terdekat yang akan dibantu oleh petugas Customer Service. Nasabah cukup melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa semua persyaratan yang sudah disiapkan.
  2. Ambil nomor antrian yang menuju Customer Service.
  3. Tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.
  4. Setelah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan sampaikan keinginan untuk mengganti buku tabungan BRI.
  5. Berikan semua persyaratan yang dibawa kepada petugas Customer Service.
  6. Setelah melakukan pengecekan data dalam dokumen persyaratan tersebut dan telah sesuai dengan data yang tersimpan di sistem Bank BRI, petugas Customer Service akan memberikan formulir penggantian buku tabungan. isi formulir tersebut dengan benar.
  7. Jika sudah terisi secara lengkap, berikan lagi formulir tersebut kepada petugas Customer Service untuk proses pembuatan buku tabungan yang baru.
  8. Nasabah akan diminta untuk menandatangani buku tabungan tersebut.
  9. Bayarlah biaya penggantian buku tabungan sebelum meninggalkan Bank BRI.

Penggantian buku tabungan BRI sangat mudah dan cepat, tetapi untuk melakukan nya tidak dapat diwakilkan, harus dilakukan oleh pemilik rekening tabungan itu sendiri. Tujuannya adalah untuk menghindari segala halyang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Cara Mengganti PIN SMS Banking BRI

Demikian penjelasan mengenai cara ganti buku tabungan BRI. Semoga informasi tadi bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pembaca TutorBisnis.com.

Saat ini masih menjadi mahasiswi Jurusan Akuntansi di salah satu Universitas di Indonesia. Sedang mendalami materi tentang entitas berdasarkan performa keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, akuntansi manajerial, dll.
close
Shopee Promo