Pengertian Branding Produk dalam Bisnis

TutorBisnis.com – Apa Itu brand? Brand merupakan merk dari sebuah produk atau jasa dari sebuah industri yang memiliki ciri khas. Contohnya, Honda, banyak orang yang mengetahui itu adalah produk berupa sepeda motor.

Apa Itu Branding?

Branding berasal dari kata brand atau merk. Branding adalah usaha membentuk suatu citra dengan tujuan supaya produk bisa menarik dan melekat pada benak konsumen.

Tujuan utamanya untuk mengenalkan brand dari suatu industri supaya bisa dikenali masyarakat. Caranya adalah membangun citra positif demi menumbuhkan kepercayaan konsumen pada perusahaan dari brand tersebut.


Fungsi Branding

Branding adalah kegiatan yang dangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Branding akan membuat perusahaan lebih dikenal masyarakat dengan harapan akan menjadi konsumen perusahaan tersebut. Beberapa fungsi branding adalah:

1. Pembeda

Terdapat produk di luaran yang berjenis serupa, sehingga branding berfungsi sebagai pembeda antara produk milik suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

2. Daya Tarik dan Promosi

Adanya sebuah brand akan mempermudah dalam mempromosikan produk supaya menarik minat masyarakat. Itulah pentingnya branding bagi perusahaan.

3. Membangun Citra

Ketika melakukan branding, artinya membangun citra perusahaan dan produknya kepada masyarakat. Semakin positif nilai brand di masyarakat maka semakin bagus dampaknya bagi bisnis yang dijalankan.

4. Pengendali Pasar

Brand yang kuat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, salah satunya adalah mengendalikan pasar karena masyarakat sudah mengenal dan mengingat produk dari brand tersebut.

BACA JUGA: Cara Mengelola Keuangan Bisnis


Unsur Branding

Beberapa unsur yang harus dimiliki dalam branding adalah:

Brand

Branding tentu membutuhkan merk atau brand itu sendiri. Tanpa merk maka tidak bisa melakukan branding karena merk adalah identitas yang bisa dikenali masyarakat.

Logo adalah gambar atau desain unik yang mencirikan merk tertentu. Sehingga logo pada suatu merk akan meninggalkan kesan di masyarakat.

Slogan

Slogan adalah unsur yang perlu ditambahkan ketika branding. Dengan menggunakan kata yang mudah diingat sebagai slogan di masyarakat maka akan meninggalkan kesan yang selalu diingat.

Penampilan

Penampilan suatu produk menjadi hal yang sangat penting ketika branding. Gunakan desain kemasan yang unik, desain yang menarik, warna yang serasi, untuk menciptakan citra yang baik untuk produk.

Suara

Selain menggunakan efek visual, juga bisa menggabungkan dengan efek suara. Gunakan suara yang merdu, indah, atau bahkan unik dalam membuat sebuah video iklan, sehingga mudah diingat oleh konsumen.

BACA JUGA: Pengelolaan Keuangan


Manfaat Branding

Banyak manfaat dari branding bagi perusahaan, antara lain:

  • Merk menjadi lebih dikenal di masyarakat.
  • Mempermudah konsumen menemukan produk dan mendapatkan loyalitas.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen pada merk.
  • Mempermudah memasarkan merk.

Pentingnya branding bagi perusahaan yaitu memperkenalkan produk kepada masyarakat sebagai calon konsumen. Sehingga masyarakat tertarik kepada produk tersebut, mencoba menggunakan lalu menjadi pelanggan tetap produk tersebut.

Tidak mudah menanamkan sebuah merk produk di dalam benak masyarakat. Tetapi seiring berjalannya waktu dan diiringi ketekunan dalam melakukan branding, masyarakat bisa mulai mengenal dan sadar akan merk yang dipasarkan.

BACA JUGA: Cara Menjaga Kesehatan Keuangan dalam Bisnis

Demikian informasi tentang branding yang sebaiknya diketahui oleh pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis yang dijalaninya. Sebab dengan branding akan tercipta citra yang baik dan berkesan di masyarakat sehingga timbul keinginan untuk ikut merasakan atau memiliki produk dari brand tersebut.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo