KPR Cicilan Rumah Terbaik

TutorBisnis.com – Apa saja KPR terbaik di Indonesia? KPR merupakan pinjaman untuk memiliki rumah di mana 70% masyarakat menggunakannya untuk membeli rumah. Berikut ini daftar KPR terbaik untuk pembiayaan:

1. BCA

KPR BCA Pinjaman Rumah

BCA menyediakan KPR dengan suku bunga yang paling murah di antara yang lainnya. BCA mengeluarkan skema suku bunga yang inovatif, yaitu:

  • FIX 1 – 2 tahun, Pelunasan Tanpa Penalti. Produk ini menawarkan kepastian bunga selama 1 – 2 tahun pertama dan bebas penalti ketika ingin melunasinya.
  • FIX 3 atau 5 tahun, Kepastian Suku Bunga. Bunga tetap selama 5 tahun dengan kepastian angsuran per bulan. Saat masa FIX selesai, KPR BCA memastikan bunga tetap stabil sehingga tidak memberatkan angsuran.
  • FIX & CAP Kombinasi yang memberikan dan kepastian suku bunga. Kombinasi bunga yang tetap dan bunga maksimal selama 5 tahun.

Tetapi meski suku bunga murah, pengajuan di BCA termasuk tidak mudah sebab syaratnya banyak dan prosesnya cukup lama. Tujuannya adalah untuk menjaga kualitas portofolio agar bunga tetap rendah. BCA tidak menerima pemindahan take over KPR dari lembaga keuangan lain.

2. Bank Mandiri

KPR Bank Mandiri

Mandiri KPR diberikan secara perseorangan untuk membeli rumah, apartemen, ruko, atau rukan, dengan fitur sebagai berikut:

  • Mandiri Take Over: Pembiayaan untuk pengambilalihan kredit dari KPR lembaga keuangan lain dengan maksimum limit sebesar sisa pinjaman terakhir di bank asal, atau limit baru sesuai perhitungan bank.
  • Mandiri Top Up: Penambahan limit untuk Mandiri KPR yang telah berjalan minimal 1 tahun, dengan syarat status pembayaran angsuran berjalan lancar selama 6 bulan terakhir.
  • Mandiri Flexible: Sistem pembayaran angsuran yang fleksibel sehingga memungkinkan untuk membeli rumah, ruko, rukan, atau apartemen, dengan menentukan sendiri jangka waktu dan pembagian jumlah kreditnya.
  • Mandiri Angsuran Berjenjang: Memudahkan karyawan dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok hingga tahun ketiga. Jumlah angsuran akan kembali normal di tahun keempat.

Tenor pinjaman hingga 20 tahun menjadi hal yang menarik di Mandiri, apalagi pinjaman tersebut untuk pembelian properti. Persyaratan umum yang ditetapkan yaitu:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
  • Usia 21 hingga 55 tahun (pegawai) dan 60 tahun (profesional / wiraswasta) ketika kredit berakhir.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap dengan masa kerja atau usaha minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun (profesional / wiraswasta).
  • Beberapa dokumen yang wajib dipenuhi.

3. BTN

KPR BTN

BTN sangat populer dengan layanan KPR. BTN memiliki misi sosial dalam membantu masyarakat membeli rumah dengan menyalurkan kredit subsidi dalam porsi paling besar.

Apabila masuk kriteria untuk mengambil kredit subsidi, bisa menngajukan ke BTN atau mendatangi pameran property developer kredit subsidi yang diselenggarakan oleh BTN secara rutin tiap tahun. Jenis pinjaman yang ditawarkan antara lain:

BTN Subsidi

BTN menyalurkan program untuk pemilikan rumah dari Kemmentrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang ditujukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan uang muka ringan mulai dari 1%. Suku bunga rendah 5% flat, jangka waktu sampai 20 tahun, subsidi bantuan uang muka sebesar Rp. 4 juta (khusus rumah tapak) dan bebas premi asuransi dan PPN.

Bantuan Perumahan PNS

Fasilitas dana bantuan perumahan untuk PNS dari Bapertarum PNS dengan pilihan Tambahan Uang Muka Perumahan (TBUM) yang berupa pinjaman atau Bantuan Tabungan Perumahan (BTP) berupa hibah yang tidak dikembalikan.

MLT BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat layanan tambahan berupa pinjaman uang muka perumahan untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan proses pengajuan dan pencairan yang cepat dan mudah. Kemudahan pengajuan, jangka waktu hingga 15 tahun, dan suku bunga BI 7 Days Repo Rate +3%. Persyaratan pengajuannya yaitu:

  • Terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 1 tahun.
  • Tertib administrasi dan kepesertaan dan iuran aktif.
  • Memperoleh rekomendasi dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Memenuhi syarat dan ketentuan subsidi.
  • Maksimal kredit + BTN Subsidi = 99% harga jual.

4. Permata

KPR Permata Cicilan Rumah

Permata menawarkan KPR Bijak dengan bunga hingga 0% apabila menambah saldo tabungan. 75% saldo tabungan diperhitungkan sebagai pengurang pokok pinjaman dalam perhitungan bunga sehingga masa tenor bisa lebih cepat.

Permata Konvensional

Produk konvensional untuk pinjaman perumahan adalah:

  • PermataHome Ready Cash. Fasilitas pinjaman yang fleksibel, bunga dibayar sesuai pemakaian. Fasilitas kredit konsumsi beragun properti dalam bentuk pinjaman rekening Koran yang bisa ditarik setiap saat sesuai kebutuhan.
  • Permata Cicilan Tetap. Fasilitas kredit dengan cicilan tetap yang memudahkan pengaturan keuangan.

Permata Syariah

Jenis kredit Syariah dari Permata adalah:

  • Permata iB MMQ. Pembiayaan Syariah dengan akad Musyarakah Mutanaqisah berupa pembiayaan yang memakai konsep kepemilikan bersama antara bank dengan nasabah. Seiring dengan pembayaran angsuran secara bertahap oleh nasabah, kepemilikan bank akan berkurang sedangkan kepemilikan nasabah akan meningkat. Pada akhir masa pembiayaan, nasabah memiliki properti sepenuhnya. Jumlah angsuran atau sewa bisa ditinjau lagi sesuai dengan periode yang sudah ditentukan oleh bank.
  • Permata iB Murabahah. Pembiayaan Syariah dengan akad pembiayaan berprinsip jual beli dengan menyertakan harga pokok dan keuntungan yang disepakati. Selama masa pembiayaan besar angsuran tidak berubah walaupun kondisi ekonomi tidak menentu.

Persyaratannya sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
  • Usia 21 hingga 55 tahun dan 60 tahun ketika kredit berakhir.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap dengan masa kerja atau usaha minimal 1 tahun (pegawai) atau 2 tahun (profesional / wiraswasta).
  • Beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi.

5. CIMB Niaga

KPR CMB Niaga

CIMB Niaga merupakan suatu lembaga keuangan yang menawarkan produk pembiayaan properti sejak lama.

X-Tra Manfaat

Kredit X-Tra Manfaat menghubungkan pinjaman dengan rekening tabungan. Bagian dari pokok pinjaman pada X-Tra Manfaat bebas bunga adalah sebesar 80% dari saldo tabungan yang terhubung dengan KPR X-Tra Manfaat diperhitungkan sebagai pengurang dalam perhitungan porsi bunga KPR.

Bunga Rp. 0 dapat dinikmati dengan cara menjaga saldo tabungan sebesar 125% dari Sisa Pokok Pinjaman KPR X-Tra Manfaat. Apabila tersedia dana lebih lalu ingin mengurangi beban bunga KPR, cukup masukkan dana tersebut pada rekening tabungan yang terhubung dengan KPR X-Tra Manfaat.

 iB Fix CIMB Niaga

Kredit pembiayaan Syariah menawarkan angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan sehingga cicilan akan sama selama masa tenor pinjaman. Margin tidak terpengaruh kondisi pasar dan jangka waktu hingga 15 tahun. Persyaratannya sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
  • Perorangan, bukan Badan Usaha.
  • Umur 21 hingga 55 tahun atau sesuai ketentuan pensiun perusahaan untuk karyawan atau 65 tahun untuk profesional / wiraswasta.
  • Dokumen: KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

Kredit Tanah di CIMB Niaga

Produk CIMB Niaga ini merupakan kredit untuk pembelian tanah. Terdapat sejumlah kriteria tanah yang harus dipenuhi supaya dapat mengajukan kreditnya ke Bank Niaga, yaitu harus sudah sertifikat SHM, tanah kavling dan siap dibangun setelah beberapa tahun.

6. BNI 46

KPR BNI 46

BNI Griya adalah fasilitas pembiayaan konsumtif yang bisa digunakan dengan tujuan: Pembelian, Pembangunan / Renovasi, Top Up, Refinancing, atau Take Over Property berupa rumah tinggal, villa, apartemen, kondominium, ruko, rukan, atau tanah kavling. Jangka waktu kredit atau tenor paling lama yaitu 25 tahun.

BNI juga menawarkan BNI Griya Multiguna berupa kredit untuk properti yang telah dimiliki atas nama pemohon atau pasangan pemohon (suami/istri) sepanjang tidak ada perjanjian pisah harta. Persyaratannya adalah:

  • Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
  • Perorangan, bukan Badan Usaha.
  • Umur 21 hingga 55 tahun atau sesuai ketentuan pensiun perusahaan bagi karyawan atau 65 tahun bagi profesional / wiraswasta.
  • Dokumen: KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan.

7. BRI

KPR BRI

BRI yang merupakan bank terbesar di Indonesia, menyediakan produk KPR sebagai berikut:

Reguler

Kredit BRI menyediakan pinjaman untuk memiliki rumah, apartemen, condotel, ruko, atau rukan. Berlaku bagi pembelian baru, bekas, refinancing, top up, pembangunan, renovasi, dan take over / take over top up dari lembaga keuangan lain. Keunggulan pinjaman di BRI adalah:

  • Bunga relatif murah. BRI memiliki banyak sumber dana sehingga cost of fund dapat ditekan dan berujung pada bunga kredit yang kompetitif.
  • Jaringan kantor hingga daerah pelosok. Bagi nasabah yang tinggal di daerah pelosok dan ingin mengambil pinjaman, dapat memanfaatkan BRI dengan jaringan kantor tersebar luas di Indonesia.
  • Tenor lama hingga 20 tahun akan membantu kaum muda untuk memulai kredit.

Subsidi

Kredit untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan gaji pokok / penghasilan rata-rata kurang dari Rp. 4 juta. Persyaratannya yaitu bagi rumah pertama atau belum memiliki rumah, belum pernah menerima subsidi perumahan. Rumah untuk dihuni, tidak boleh disewakan, dikontrakan, dijual selama 5 tahun pertama. Jenis yang dapat dibiayai harus memenuhi ketentuan berikut:

  • Rumah pertama, yang dihuni untuk diri sendiri, tidak disewakan / dikontrakkan / dijual untuk 5 tahun pertama.
  • Properti yanng dijual developer rekanan BRI.
  • Siap huni. Ready stock dan dilengkapi dengan PDAM, listrik jalan, drainase.
  • Harga jual sesuai dengan yang disyaratkan oleh Kemenpupera.

8. Maybank

KPR Maybank

Maybank, atau yang dulu dikenal dengan BII, menyediakan jenis pinjaman properti yang beragam, antara lain:

Maybank Floating Rate

Bunga foating diberikan sejak awal dalam produk ini, tidak seperti pinjaman properti umumnya yang menggunakan bunga fix di awal tenor kemudian berubah menjadi bunga floating setelah beberapa tahun.

Suku bunga floating ditawarkan berdasarkan SBN 12 bulan sejak awal hingga jatuh tempo pinjaman dan bebas biaya pelunasan apapun. Floating rate yang diambil Maybank sebesar 3% + SBI 12 bulan.

Maybank Bebas Bunga

Fasilitas pinjaman properti dikombinasi dengan rekening tabungan sehingga mengurangi suku bunga KPR hingga bebas bunga serta memperpendek jangka waktu pinjaman. Jumlah 75% dari saldo tabungan sebagai pengurang pokok pinjaman sehingga hutang lebih cepat lunas.

Maybank Plus

Kredit kombinasi dengan Pinjaman Rekening Koran dengan fleksibilitas dalam sistem pembayaran, penarikan dana, dan pembayaran cicilan. Sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan tanpa terbebani cicilan KPR yang memberatkan.

Persyaratan umum adalah:

  • Warga Negara Indonesia
  • Umur minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun ketika jatuh tempo pinjaman.
  • memiliki penghasilan bulanan.
  • Lama bekerja minimal 2 tahun.
  • Lokasi tempat tinggal, tempat bekerja, dan obyek jaminan harus terdapat di wilayah operasional Maybank.

9. Danamon

Terdapat beberapa macam produk pinjaman dari Danamon untuk kepemilikan properti. Produk yang menarik adalah dapat mengajukan pembiayaan untuk pembelian tanah dan renovasi. Pinjaman untuk pembiayaan properti antara lain:

KPR Danamon

Pembiayaan untuk pembelian rumah, ruko, rukan, usaha, asrama baru atau bekas, dan bangunan dalam kondisi ready stock ataupun indent. Maksimal pinjaman Rp. 15 Miliar dan jangka waktu angsuran 1 – 20 tahun.

Pemilikan Apartemen

Pembiayaan untuk pembelian apartemen / Small Office Home Office (SOHO) / Condotel / kios / Town House Strata Title / Ruko Strata Title / condominium baru atau bekas, dan bangunan ready stock ataupun indent. Maksimal pinjaman Rp. 8 Miliar dan jangka waktu angsuran 1 – 15 tahun.

Perbaikan dan Pembangunan Rumah

Pinjaman diberikan pada tujuan membangun atau merenovasi rumah, ruko, rukan, apartemen di fokus area. Maksimal pinjaman Rp. 15 Miliar dan jangka waktu angsuran 1 – 10 tahun.

Kavling Siap Bangun (KSB)

Pembiayaan pada tujuan pembelian kavling yang akan dibangun rumah. KSB hanya diberikan untuk lokasi developer kategori Top Tier dan Mid Tier. Maksimal pinjaman Rp. 15 Miliar dan jangka waktu angsuran 1 – 7 tahun.

10. Bank Mega

KPR Bank Mega

Mega Griya adalah produk untuk membiayai pembelian, pembiayaan kembali, pengambilan pinjaman atas properti berupa: rumah, villa, ruko, rukan, apartemen / rusun, baru ataupun bekas, di dalam atau luar kawasan real estate, melalui Developer maupun Non-Developer.

Plafon pinjaman minimal Rp. 500 juta dengan jangka waktu pinjaman minimal 1 tahun dan paling lama 20 tahun untuk pembelian rumah, sementara pembelian apartemen / ruko / rukan hingga 10 tahun dan pembelian villa hingga 8 tahun. Persyaratannya adalah:

  • WNI, perorangan, cakap hukum.
  • Usia 21 hingga 55 tahun untuk karyawan dan 65 tahun untuk profesional / wiraswasta.
  • Masa kerja minimal 2 tahun sebagai pegawai tetap atau 2 tahun wiraswasta atau 2 tahun profesional.
  • Lokasi tempat tinggal, tempat bekerja dan lokasi agunan berada di wilayah kerja Mega.
  • Persyaratan dokumen.

KPR menjadi salah satu solusi untuk mewujudkan impian memiliki rumah. Banyak pilihan lembaga yang menawarkan KPR, namun apapun itu pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

Artikel Terkait

close
Shopee Promo