Cara Bayar OVO PayLater

TutorBisnis.com – Bagaimana cara bayar OVO PayLater? OVO PayLater adalah layanan pembiayaan yang disediakan oleh aplikasi dompet digital OVO. OVO PayLater dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran bisa dilakukan 30 hari setelah pembelian.

Pengguna OVO dapat bebelanja dengan OVO PayLater dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan konfirmasi sangat cepat, yaitu hanya sekitar 14 detik. Setelah pembayaran dengan OVO PayLater, pengguna OVO wajib membayar cicilan setiap bulan.

Jika pembayaran cicilan tidak dilakukan, maka pengguna tersebut akan dikenakan biaya tambahan aau Revolving Interest. Biaya tersebut dihitung setiap hari dengan bunga 0,1% dari tagihan sebelumnya.

Cara Aktivasi OVO PayLater

Cara Aktivasi OVO PayLater

OVO PayLater memungkinkan pengguna OVO untuk berbelanja secara kredit tanpa kartu kredit. Tetapi tidak semua pengguna OVO dapat menggunakan OVO PayLater. Karena hanya pengguna OVO yang sudah melakukan aktivasi OVO PayLater saja yang bisa menggunakan fitur kredit tersebut.

Supaya dapat melakukan aktivasi OVO PayLater, pengguna OVO harus menyiapkan e-KTP yang masih berlaku, kemudian lakukan cara aktivasi OVO PayLater sebagai berikut:

  1. Siapkan e-KTP yang masih berlaku.
  2. Buka aplikasi Tokopedia yang sudah terpasang di smartphone.
  3. Buka menu OVO PayLater yang tersedia di aplikasi Tokopedia.
  4. Klik Ajukan Sekarang.
  5. Isi data yang dibutuhkan secara benar dan lengkap.
  6. Setujui Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  7. Tunggu akun OVO PayLater disetujui.

Jika sudah berhasil, maka OVO PayLater bisa digunakan untuk berbelanja online di aplikasi Tokopedia dengan sistem cicilan. Sehingga pengguna OVO tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk membeli barang di Tokopedia atau merchant lain yang bekerjasama dengan OVO.

Cara Bayar OVO PayLater

Pembayaran cicilan OVO PayLater dapat dilakukan dengan beberapa pilihan metode pembayaran. Tetapi pada artikel ini akan dijelaskan cara bayar OVO PayLater melalui aplikasi Tokopedia yang dihubungkan dengan BCA virtual account. Berikut ini adalah cara bayar OVO PayLater:

  1. Buka aplikasi Tokopedia lalu pilih ke menu Akun yang terdapat di bagian bawah.
  2. Pilih OVO PayLater, lalu akan ditampilkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Klik Bayar Tagihan.
  3. Selanjutnya ditampilkan detail pembayaran tagihan OVO PayLater.
  4. Isi jumlah pembayaran tagihan lalu klik Bayar.
  5. Tersedia 2 metode pembayaran, yaitu melalui virtual account dan OVO Cash. Pilih salah satu metode pembayaran yang diinginkan, lalu klik Bayar.
  6. Saldo OVO Cash juga dapat digunakan untuk membayar OVO PayLater.
  7. Setelah itu akan ditampilkan nomor virtual account BCA dengan batas waktu pembayaran. Salin nomor virtual account tersebut.
  8. Buka aplikasi BCA Mobile dan lanjutkan dengan login ke akun BCA Mobile.
  9. Pilih menu m-BCA lalu masukkan kode akses dengan benar.
  10. Lanjutkan dengan pilih m-Transfer.
  11. Lalu pilih BCA Virtual Account.
  12. Masukkan nomor virtual account tadi dengan cara paste atau ditempel pada kolom yang disediakan.
  13. Kemudian masukkan jumlah tagihan yang akan dibayarkan sesuai jumlah tagihan OVO PayLater yang ditampilkan tadi.
  14. Jika jumlah tagihan sudah benar, masukkan PIN dengan benar.
  15. Tunggu pembayaran tagihan OVO PayLater diproses hingga berhasil.

Denda Terlambat Membayar Cicilan

Notifikasi tagihan OVO PayLater muncul setiap tanggal 27, sedangkan jatuh tempo pembayaran tagihan OVO PayLater setiap tanggal 1 di bulan berikutnya. Bagi pengguna OVO PayLater yang terlambat melakukan pembayaran tagihan, maka akan dikenakan denda sebagai berikut:

  • Terlambat membayar tagihan OVO PayLater akan dikenakan bunga sisa tagihan sebesar 0,1% setiap hari terhitung dari tagihan yang tidak dibayar mulai dari tanggal jatuh tempo.
  • Akun OVO PayLater akan dibekukan jika sama sekali tidak melakukan pembayaran tagihan, sehingga akun tersebut tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. Tetapi akun masih bisa digunakan untuk membayar tagihan.
  • Partner OVO PayLater berhak mengambil jalur hukum berdasarkan fasilitas pinjaman.

Demikian penjelasan mengenai cara bayar OVO PayLater. Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya pengguna aplikasi OVO yang menggunakan layanan dari OVO PayLater.

Baca juga:

Content writer TutorBisnis.com. Lulusan mahasiswi Ilmu Ekonomi di salah satu Universitas di Indonesia.
close
Shopee Promo