KUR Bank Jateng

TutorBisnis.com – Pemerintah tengah gencar-gencarnya melakukan beragam program yang bertujuan untuk membantu perputaran roda ekonomi rakyat dan salah satu program tersebut adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat.

KUR disini adalah sebuah program pinjaman dana kepada masyarakat dengan proses yang lebih mudah dan cepat.

Kredit Usaha Rakyat memberikan pinjaman bagi UMKM yang membutuhkan. Salah satu penyalur Kredit Usaha Rakyat adalah Bank Jateng. KUR Bank Jateng dapat diajukan oleh nasabah yang memiliki usaha aktif dan produktif. Syarat KUR Bank Jateng juga sangat mudah.

Pinjaman KUR Bank Jateng memiliki bunga yang sangat rendah dibandingkan pinjaman lain yang ditawarkan di Bank Jateng. Rendahnya suku bunga pinjaman KUR Bank Jateng dikarenakan adanya subsidi bunga dari pemerintah yang ditujukan khusus bagi UMKM.

Nasabah yang ingin mengajukan pinjaman KUR Bank Jateng wajib memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 6 bulan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Usaha. Usaha tersebut dapat berupa perdagangan, jasa, atau yang lainnya. Pinjaman KUR Bank Jateng tersedia bagi perorangan dan juga badan usaha.

Syarat KUR Bank Jateng

 

Terdapat 2 jenis KUR Bank Jateng, yaitu KUR Mikro dan KUR Ritel. Masing-masing memiliki limit pinjaman yang berbeda, yaitu KUR Mikro mencapai Rp. 25.000.000 sedangkan KUR Ritel mulai dari Rp. 25.000.000 hingga Rp. 500.000.000.

Jumlah maksimal tersebut sangat besar sehingga dapat digunakan untuk modal kerja atau investasi. Selain itu, jangka waktu pinjaman KUR Bank Jateng yang diberikan mencapai 5 tahun.

Bagi pengajuan pinjaman yang ditujukan untuk modal kerja, nasabah dapat mengajukan KUR Mikro dengan jangka waktu pinjaman maksimal hingga 3 tahun dan KUR Ritel maksimal hingga 4 tahun. Sedangkan jika ditujukan untuk investasi, jangka waktu pinjaman maksimal hingga 5 tahun.

Berikut ini adalah syarat dalam pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng yang harus dipenuhi oleh nasabah:

Persyaratan Umum

  • Berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
  • Mempunyai sebuah usaha yang produktif dan juga aktif dalam bidangnya
  • Tidak sedang menanggung kredit dari bank lain ataupun kredit perbankan dari Bank Jateng, kecuali kredit kendaraan bermotor, kartu kredit, dan KPR.
  • NPWP bagi pengajuan dengan jumlah di atas Rp. 50.000.000.
  • Wajib melampirkan beragam persyaratan dokumen yang telah ditetapkan dari pihak Bank Jateng
  • Wajib mengisi formulir aplikasi pengajuan KUR dari pihak Bank Jateng
  • Peminjam diwajibkan harus memiliki jaminan ataupun agunan.

Nasabah harus melengkapi juga persyaratan dokumen yang diperlukan dalam pegajuan pinjaman KUR Bank Jateng, yaitu:

Persyaratan Dokumen

Persyaratan Dokumen KUR

Cara Pengajuan Pinjaman

Jika sudah melengkapi persyaratan tadi, maka selanjutnya pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng dapat dilakukan. Proses pengajuan cukup cepat, tetapi nasabah harus menunggu lebih dari 1 minggu supaya pengajuan dapat disetujui.

Proses pengajuan pinjaman KUR Bank Jateng yaitu, nasabah mengajjukan pinjaman ke kantor cabang Bank Jateng terdekat dengan membawa semua syarat tadi. Kemudian serahkan persyaratan tersebut ke petugas Customer Service Bank Jateng.

Selanjutnya petugas Customer Service akan meninjjau kelengkapan persyaratan dan melakukan proses verifikasi data nasabah. Berikutnya nasabah tinggalmengajukan pinjaman dengan jumlah maksimal Rp. 500.000.000 dengan jangka waktu angsuran maksimal hingga 5 tahun.

Setelah data diserahkan, akan dilanjutkan dengan proses survei ke lokasi usaha yang dijalankan nasabah untuk menentukan apakah usaha tersebut telah memenuhi persyaratan atau tidak.

Apabila syarat terpenuhi dan layak mendapatkan pinjaman, maka tinggal melakukan pencairan yang dikenakan biaya administrasi sesuai ketentuan Bank Jateng. Jika dana telah berhasil dicairkan, maka nasabah wajib membayar angsuran setiap bulan hingga jangka waktu berakhir.

Tabel Angsuran KUR Bank Jateng

Jumlah angsuran KUR Bank Jateng berdasarkan plafon dan jangka waktu pinjaman. Semakin besar pinjaman yang diajukan, maka angsuranyya akan semakin besar. Kelebihan dari pinjaman ini adalah bunga yang sangat rendah, yaitu 0,26% flat per bulan. Berikut ini adalah tabel angusran KUR Bank Jateng:

Tabel Angsuran KUR Bank Jateng
Sumber: ViralOrchard

Demikian penjelasan mengenai syarat KUR Bank Jateng. Semoga informasi tadi dapat menjadi referensi bagi pembaca khususnya masyarakat Jawa Tengah yang ingin mendapatkan tambahan dana dari KUR Bank Jateng.

Baca juga:

Artikel Terkait