Cara Menutup Kartu Kredit BNI

TutorBisnis.com – Bagaimana cara menutup kartu kredit BNI? Nasabah yang melakukan transaksi menggunakan kartu kredit sering tidak menyadari jika semakin banyak melakukan transaksi maka akan semakin banyak tagihan yang harus dibayarkan.

Sehingga nasabah kartu kredit BNI berkeinginan untuk menutup kartu kredit miliknya. Ada 2 cara menutup kartu kredt BNI. Pertama, pihak Bank BNI akan menutup kartu kredit nasabah secara otomatis jika kartu kredit mengalami keterlambatan pembayaran selama 1 tahun.

Kedua, nasabah sudah memiliki 2 enis kartu kredit tetapi telah overlimit sehingga akan berimbas dengan penonaktifan semua kartu kredit tersebut. Sebaiknya nasabah menutup kartu kredit dengan benar, yaitu melakukan pengajuan penutupan kartu kredit melalui petugas Bank BNI.

Tujuannya adalah untuk mencegah efek buruk yang akan datang apabila nasabah menutup kartu kredit dengan cara otomatis oelh sistem bank. Cara penutupan kartu kredit secara benar dan sopan bisa dilakukan dengan mengikuti cara mudah yang dijelaskan berikut ini.

BACA JUGA: Cara Menarik Uang di ATM BNI

1. Membayar Semua Sisa Tagihan atau Hutang

Bayarlah semua tagihan yang tersisa di kartu kredit supaya proses penutupan kartu kredit berhasil dilakukan. Jika nasabah menutup kartu kredit tanpa membayar seluruh tagihan maka bank tidak akan memprosesnya. Selain tagihan, bunga, biaya material, dan iuran tahunan harus dibayarkan dan segera dilunasi oleh nasabah.

2. Memanfaatkan Reward

Pemegang kartu kredit biasanya akan mendapatkan reward atau point dari pihak bank. Sebaiknya manfaatkanlah reward tersebut terlebih dahulu sebelum menutup kartu kredit BNI.

Reward yang diberikan biasanya berupa cashback yang bisa digunakan untuk berbelanja. Jika yang didapatkan adalah point, maka bisa ditukarkan dengan barang yang sudah disediakan oelh bank BNI.

3. Menghubungi Call Center BNI

Menutup kartu kredit BNI dapat dilakukan melalui Call Center BNI di nomor 1500046. Sampaikan kepada petugas Call Center tentang keinginan untuk mengajukan penutupan kartu kredit beserta alasan yang kuat atas hal tersebut. Jangan sampai tertarik pada tawaran yang diberikan oleh petugas Call Center.

Petugas Call Center akan memberikan arahan dan syarat yang harus dilengkapi dan dibawa dalam pengajuan penutupan kartu kredit di kantor cabang BNI terdekat.

BACA JUGA: Cara Membuat ATM BNI

4. Menonaktifkan Seluruh Tagihan

Kebanyakan nasabah menghubungkan pembayaran tagihan dengan kartu kreditnya, seperti internet, PDAM, listrik, TV kabel, dan lain-lain. Nasabah yang ingin menutup kartu kredit BNI sebaiknya menonaktifkan fitur auto debet yang dikenakan ke rekening kartu kredit tersebut.

5. Mendatangi Kantor Cabang BNI

Datanglah ke kantor cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan, yaitu kartu identitas diri berupa KTP/SIM/Paspor. Kemudian ambil nomor antrian menuju Customer Service dan tunggu hingga nomor antrian tersebut dipanggil.

Jika sudah dipanggil, datangi petugas Customer Service dan beritahukan keinginan untuk menutup kartu kredit BNI. Sampaikan secara tepat dan jelas yang menjadi alasan menutup kartu kredit BNI. Jika syarat, alasan, dan semua tagihan sudah dibayarkan, maka petugas Customer Service akan segera memprosesnya.

6. Meminta Surat Bukti

Setelah penutupan kartu kredit sudah berhasil diproses, nasabah sebaiknya meminta surat bukti menonaktifkan kartu kredit BNI kepada petugas Customer Service. Karena surat tersebut menjadi bukti bahwa kartu kredit yang dimiliki telah benar-benar ditutup dan juga untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan.

Biaya Menonaktifkan Kartu Kredit BNI

Penutupan kartu kredit BNI tidak dikenakan biaya, nasabah cukup membayar semua tagihan beserta denda dan bunganya. Jika beberapa bulan tidak membayar tagihan kartu kredit, maka nama nasabah tersebut akan masuk ke dalam blacklist Bank Indonesia.

BACA JUGA: Cara Menarik Uang di ATM BNI

Demikian penjelasan mengenai cara menutup kartu kredit BNI. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi pembaca khususnya nasabah BNI yang menggunakan layanan kartu kredit.

Artikel Terkait